Nama Sekolah : SMA NEGERI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan : 1 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi
Mempraktikan teknik dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar
1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas serta nilai disiplin,
2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas serta nilai disiplin
3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas serta nilai disiplin
Indikator
Psikomotor
• Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
• Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas
• Melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas
• Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
• Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas
• Melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas
Kognisi
• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar gerakan lengan renang gaya bebas
• Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar gerakan pernafasan renang gaya bebas
Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, keberanian dan kebersihan
A. Tujuan Pembelajaran
Ø Siswa dapat melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas, dengan benar
Ø Siswa dapat melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas, dengan benar
Ø Siswa dapat melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas, dengan benar
Ø Siswa dapat melakukan teknik dasar renang gaya bebas, dengan benar
B. Materi Pembelajaran
Renang Gaya Bebas
· Gerakan kaki renang gaya bebas
· Gerakan lengan renang gaya bebas
· Gerakan pernafasan renang gaya bebas
· Renang gaya bebas
C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
· Pemanasan secara umum
· Berlari mengelilingi lapangan atau halaman sekolah
2. Kegiatan Inti
Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas (perorangan/ berkelompok)
Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas (perorangan/
Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas (perorangan/
berkelompok)
Melakukan teknik dasar gerakan pernafasan renang gaya bebas (perorangan/
Melakukan teknik dasar gerakan pernafasan renang gaya bebas (perorangan/
berkelompok)
• Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
• Lomba renang gaya bebas dengan peraturan yang dimodifikasi
• Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
• Lomba renang gaya bebas dengan peraturan yang dimodifikasi
3. Kegiatan Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa
dan bubar
E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
· Pelampung
· Kolam Renang
· Peluit
2. Sumber Pembelajaran :
Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
F. Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR RENANG
Aspek Yang di Nilai | Kualitas Gerak | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Posisi badan harus sejajar dengan permukaan air | | | | |
2. Pada saat kaki digerakan posisi kaki lurus saat ke atas dan mencambuk saat ke bawah | | | | |
3. pergerakan tangan harus berurutan dari Entry,Pull-push,Realease dan recovery | | | | |
Jumlah | | | | |
Jumlah Skor maksimal : 12 | | | | |
- Tes Sikap (Efektif)
Sikap pada saat praktek dilakukan
Ket : Berilah tanda ( ), tiap perilaku yang di cek ( ) dapat nilai 1
Nilai = Jumlah Skor yang diperolah x 30
Jumlah Skor maksimal
RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF
Perilaku yang diharapkan | Cek ( ) |
1. Percaya diri | |
2. Disiplin | |
3. Berani | |
4. Sungguh – sungguh | |
5. Tanggung jawab | |
Jumlah | |
Jumlah Skor Maksimal : 5 | |
- Tes Pemahaman gerak (kognisi)
Jawab secara lisan / peragaan dengan baik pertanyaan – pertanyaan konsep gerak dalam berguling
Ket : Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai 1 s/d 4
Nilai = Jumlah Skor yang diperolah x 20
Jumlah Skor maksimal
RUBRIK PENILAIAN KOGNITIF
Pertanyaan yang diajukan | Kualitas jawaban | |||
1. Bagaimana Posisi tangan pada saat melakukan renang gaya bebas | 1 | 2 | 3 | 4 |
2. Bagaimana Posisi kaki pada saat melakukan renang gaya bebas | | | | |
3. Bagaimana Posisi badan pada saat melakukan renang gaya bebas | | | | |
Jumlah | | | | |
Jumlah Skor Maksimal : 20 | |
Nilai = Jumlah Skor yang diperolah x50
Jumlah Skor maksimal
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH
…………………………. ACHDAN ASY’ARI S.Pd
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar