Selamat datang teman

translate

Kamis, 17 Februari 2011

CARA MUDAH MENGOBATI SAKIT HATI

Pernahkan kamu sakit hati? Apakah itu sakit hati karena pacar, karena sahabat, karena orang tua, atau bahkan karena dirimu sendiri. Nah... saya yakin bahwa sebahagia apapun kita, sesempurna apapun kita, pasti pernah menglami yang namanya sakit hati. So, sakit hati itu sebenernya bukan musibah sobat! Tapi sakit hati adalah tantangan yang harus kita lewati. Sebagian besar orang percaya bahwa dengan sakit hati, maka diri kita akan mampu menjadi lebih baik. Tapi bagi sebagian orang yang kurang bijaksana dalam menyikapi hidup, sakit hati malah dijadikan alasan untuk balas dendam, menjadi menyerah, dan membenci orang lain. Jadi, masuk golongan manakah kita? Saran saya, jadilah golongan yang pertama. Jika kita mendapatkan rasa sakit dalam benak kita, maka kita justru akan berupaya untuk menjadi lebih baik agar rasa sakit hati itu tak terulang kembali. Tapi yang sulit adalah bagaimana menahan rasa sakit hati itu agar tak semakin berkelanjutan. Beberapa saran dari saya mengenai langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam menyikapi rasa sakit hati. Antara lain:

1. Cobalah positif thinking, dalam beberapa buku disebutkan bahwa mindset (pola pikir) kita akan mempengaruhi tingkah laku dan perasaan kita. Jika kita tetap berpikir positif, maka perasaan dan tingkah laku kita juga akan positif. Ketika Anda merasa sakit hati, berpikirlah bahwa orang yang menyakiti Anda sebenarnya sayang terhadap Anda. Maka, rasa sakit Anda tidak akan terlalu menjalar. Percaya deh!

2. always sharing. Apapun yang Anda rasakan, haruslah bisa Anda ungkapkan kepada orang lain agar Anda tidak terlalu terbeban. Kadang-kadang, kita akan merasa lega ketika memikul rasa sakit hati bahkan hanya dengan berbicara kepada teman, sahabat atau saudara. Jadi, ketika Anda sedang sakit hati, janganlah menjadi orang yang introvert, karena itu hanya akan membuat diri Anda terkekang.

3. sibukkanlah diri. Dengan menyibukkan diri, Anda akan cepat lupa dengan rasa sakit Anda. Karena pikiran Anda akan lebih terfokus kepada kesibukan Anda. Dan jangan lupa, carilah kesibukkan yang bersifat positif! Selain cepat menghilangkan sakit hati, juga membuat Anda menjadi lebih baik.
4. menangislah. Janganlah menahan air mata sob! Biarkan air mata sakit hatimu mengalir dengan deras. Biarpun Anda cowok, tapi siapa yang bilang bahwa Anda tidak boleh menangis? Jadi gak usah gengsi!. Dengan menagis, pikiran dan jiwa aka terasa lega, segala kesakitan akan dengan sendirinya tercurahkan lewat setiap tetesan air mata.

5. lawanlah rasa takut. Rasa takut hanya akan menghentikan langkahmu dalam bertindak. Jadi, jangan pernah takut dengan sakit hati. Hadipailah sakit hati Anda dengan optimis, bahwa Anda memiliki sangat banyak kekuatan untuk menghadapinya.

6. perbanyak berolahraga. Pepatah mengatakan dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jika kondisi tubuhmu bugar, maka pikiran-pikiranmu pun akan sehat.

7. berekreasi. Carilah tempat-tempat rekreasi yang membantumu menuangkan segala penat dalam jiwamu. Ajaklah saudara, teman-teman, atau keluarga, agar untuk sejenak Anda bisa bersenang-senang tanpa membuat diri Anda stress hanya karena sakit hati.

8. cari tahu kekurangan-kekurangan kita. Coba diskusikan dengan orang-orang terdekat Anda, apa saja kekurangan-kekurangan kita di mata mereka. Agar kita bisa tahu penyebab mengapa orang tidak suka terhadap kita sehingga membuat kita sakit hati. Dan segeralah berinstropeksi.

9. hindari orang yang membuatmu merasa sakit hati. Menghindari disini bukan berarti Anda pergi jauh sekali dari orang yang membuat Anda sakit hati. Tapi hanya tidak usah bertemu untuk sementara saja. Sampai Anda benar-benar siap bertemu dia lagi. Contohnya, ketika Anda sakit hati gara-gara pacar, simpanlah semua barang-barang yang akan membuat Anda teringat kepadanya. Dengan begitu, Anda tidak akan juga teringaingat dengan rasa akit Anda.

10. buatlah hidupmu lebih terencana. Buatlah jadwal tentang kegiatan-kegiatan Anda dalam satu hari, jangan sampai ada waktu yang kosong dan terbuang percuma. Segala usaha Anda dalam mengobati sakit hati akan lebih maksimal dengan hidup

1 komentar:

  1. Boleh juga dipahami dan dilakukan
    walaupun sesibuk apapun kita pasti akan selalu teringat-ingat dy yg pernah mengisi hidup kita.. cnth pcr dan orang tua


    PUMA......

    BalasHapus